Syahrulariefx's Blog

Desember 22, 2009

Cara Memperbaiki Harddisk

Filed under: Uncategorized — syahrulariefx @ 3:24 am

Harddisk yang rusak dalam kasus ini disebabkan oleh Bad sector. Dan cara mengatasi nya bisa dengan cara-cara di bawah ini, perbaikan ini disesuaikan berdasarkan merk, dan juga seberapa banyak bad sector yang ada.

– Awal nya kita bisa gunakan perintah FORMAT C:/C (silahkan sesuaikan dengan posisi dimana drive akan diformat). /C berfungsi agar cluster yangg rusak menjadi clean.
– Jika sebelumnya belum berhasil kita bisa memakai feature Disk Manager yang biasa nya telah ada di setiap Harddisk.
– Jika cara tersebut belum berhasil, maka kita dapat menggunakan Tools HDDREG , silahkan download terlebih dahulu tools tersebut.
– Namun bila cara tersebut belum juga bisa, silahkan coba cara yang satu lagi, yaitu dengan cara “Low Level Format” /”Zero File”.
– Jika cara ini tidak juga dapat menyelesaikan masalah ini, kita coba lakukan pemotongan pada sector harddisk yang telah rusak, cara nya dengan membaginya dan kita tidak akan memakai sector yang sudah rusak.

Level 2
Kerusakan yang terjadi: Kehilangan Partisi Harddisk dan Data .kerusakan ini biasa nya dikarenakan virus atau kesalahan kita ketika kita memakai program utility. Yang perlu kita perhatikan sewaktu kita mengembalikan Partisi harddisk yang sudah hilang, adalah kapasitas dari harddisk tersebut dan juga Jenis dari File System hardisk nya. Partisi Hardisk dengan metode File System FAT akan menjadi lebih mudah dikembalikan daripada dengan metode NTFS /File System Linux.

– Silahkan Cek dulu partisi harddisk kita dengan memakai FDISK atau biasa disebut Disk Manager
– Dan cara mengembalikannya kita dapat memakai tools Acronis Disk Director, Handy Recovery,atau Stellar Phoniex dll.

Level 3
Dalam kasus ini biasa nya harddisk dapat dideteksi pada bagian BIOS akan tetapi harddisk tidak bisa di pakai, akan ada pesan error sewaktu komputer kita akan melakukan POST. keruskana ini Biasanya dikarenakan oleh FIRMWARE harddisk yang bermasalah itu. Untuk Kerusakan ini biasa nya terjadi di harddisk dengan merk Maxtor yang mempunyai seri nama Dewa-dewa.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: