Syahrulariefx's Blog

September 9, 2013

Gejala yang terjadi ketika HP android terinfeksi virus

Filed under: Uncategorized — syahrulariefx @ 2:13 am

Malware, begitu mendengar namanya yang aneh kita langsung berpikir tentang akibat yang ditimbulkan oleh si pemilik nama ini. Malware memang sejenis program yang fungsinya untuk menciptakan pintu belakang atau backdoor sehingga orang yang tidak memiliki otoritas akan sistem tersebut masih bisa masuk ke dalam sistem. Sistem kerja malware, begitu program ini terpasang maka akan segera beroperasi secara sembunyi-sembunyi untuk mencuri data atau memakai kuota internet pemilik Android. Malware biasanya menggunakan berbagai cara guna bisa menghindari deteksi pengguna Android, termasuk cara mendompleng pada program lain. Meskipun demikian, pengguna Android tidak perlu merasa khawatir karena kehadiran serangan virus semacam ini masih dapat diketahui dengan mengamati gejala-gejala tertentu yang biasanya menyertai. Berikut adalah cirri-ciri atau gejala yang biasanya terjadi jika perangkat Android anda terinfeksi virus:

Baterai Menjadi Boros

Sebagai pemilik Android pasti mengetahui ponselnya boros batarei akibat Android terinfeksi virus atau karena banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh pengguna. Pengguna Android pasti mengetahui kisaran penggunaan smartphonenya, jadi jika tanpa sebab baterai yang dipakai tiba-tiba low-bat kemungkinan besar perangkat anda terinfeksi virus. Contohnya seperti adware, salah satu jenis virus yang secara terus menerus mengirim iklan kepada pengguna sehingga pengguna mengalami boros pada baterai.

Seringnya Mendapatkan Gangguan Pada Saat Melakukan Panggilan / Dropped Call

Malware Mobile dapat mempengaruhi panggilan masuk pada Android yang terkena virus. Malware jenis ini cukup mengganggu terutama pada saat terjadinya percakapan. Misalnya, pada saat terjadi kontak percakapan, telepon tiba-tiba mati atau terdengar suara-suara aneh. Malware jenis ini bisa menguping jenis pembicaraan yang dilakukan melalui Android, namun malware tidak lantas bisa dijadikan satu-satunya tersangka jika terjadi gangguan semacam ini karena bisa saja dikarenakan gangguan yang berasal dari operator.

Boros Pulsa atau Tagihan Telepon Membengkak

Boros pulsa dan membengkaknya tagihan pada telepon merupakan salah satu dari efek Android terinfeksi virus, sebab malware pencuri pulsa menggunakan berbagai macam teknik pencurian pulsa missal, dengan mengirim SMS ke nomor tertentu dengan tarif premium. Namun tidak semua malware bersifat agresif. Ada yang hanya mengirim SMS sebulan sekali, namun juga ada yang seminggu sekali. Jenis malware ini adalah yang paling merugikan karena langsung otomatis menghapus diri sendiri dan tidak meninggalkan jejak setelah selesai menguras tagihan pulsa si pemilik Android dengan cepat. Jadi, bagi pengguna Android, sebaiknya mengecek tagihan telepon agar bisa mengetahui jika ada pemakaian yang mencurigakan, karena bisa jadi hal itu karena serangan malware.

Konsumsi Data Naik Drastis

Mirip dengan keanehan pada tagihan telepon, jika terjadi kenaikan konsumsi data secara drastis bisa jadi Android anda sudah terinfeksi virus. Malware jenis ini menyerang penggunaan paket data. Hal ini bisa dipantau dari terjadinya perubahan pola upload dan download. Jika pada ponsel Android anda terjadi kegiatan upload dan download yang mencurigakan, itu pertanda ada seseorang atau sesuatu yang sedang memanfaatkan koneksi internet perangkat anda.

Perforama HP menurun

Malware jenis ini bisa membuat kinerja HP menurun secara drastis. Salah satu cara untuk memastikannya adalah dengan menginstall aplikasi CPU monitor yang bisa diunduh di Play Store. Dengan aplikasi tersebut dapat diketahui apa memang karena terlalu banyak aplikasi yang terinstal sehingga mengkonsumsi banyak memori, atau karena beban prosesor Android yang kelewat batas ataukah karena Android sudah terinfeksi virus.

Tindakan pencegahan serangan malware
Ada beberapa tindakan yang perlu dilakukan jika Android sudah terinfeksi virus:
1. Mengahapus aplikasi yang terkait dengan malware,
2. Meningkatkan keamanan dengan menginstall antivirus dan security yang bisa diunduh gratis di play store,
3. Benar-benar memperhatikan jenis permission yang diminta oleh tiap-tiap aplikasi Android

dikutip dari http://portal.paseban.com/article/76391/android-terkena-virus-gejala-smartphone

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: